Sabtu, 30 November 2019

Sistem Informasi Global, Riset Pemasaran, Teknik Analisis Riset Pasar Internasional, Segmentasi Pasar Global, Menentukan Posisi Produk di Pasar Global

     Pengertian sistem informasi global

Sistem informasi global adalah sistem informasi yang berbasis komputer yang melintasi batas batas negara dimana perusahaan multinasional dengan sistem tersebut bisa mengintegrasikan seluruh kegiatan perusahaan seperti penyusunan strategi, pelaksanaan operasi antara perusahaan induk dengan perusahaan cabangnya bahkan yang di mana perusahaan cabangnya telah tersebar di berbagai negara lainnya.

   Riset Pemasaran

·      Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

Riset pemasaran adalah suatu penelitian yang sistematis serta diawali dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi, pengelolaan informasi hingga interpretasi dari hasil penelitian. Pengertian menurut para ahli adalah sebagai berikut:
Ø  Menurut Philip Kotler, marketing research ialah perencanaan, pengumpulan, analisis serta pelaporan yang telah disusun secara sistematis berdasarkan data atau aneka penemuan yang sesuai dengan situasi pemasaran tertentu.
Ø  Menurut American Marketing Association, riset pemasaran ialah fungsi yang dapat menghubungkan antara konsumen dan publik dengan pemasar melalui adanya informasi dalam mengidentifikasi serta mendefinisi peluang maupun masalah pemasaran. Dari sini akan dilakukan penyempurnaan hingga evaluasi upaya pemasaran agar kinerja pemasaran bisa dipantau serta aneka masalah yang muncul dapat diatasi.
Ø  Menurut Robby Susatyo, pengertian dari marketing research menurut makalah riset pemasaran ialah pengidentifikasian secara lebih objektif serta sistematis yang berlanjut pada pengumpulan, analisis hingga perangkaian data yang tujuannya ialah memperbaiki proses pengambilan keputusan. Hal ini masih erat kaitannya degnan solusi permasalahan serta penentuan aneka peluang di dalam proses pemasaran tersebut.

·      Tujuan Riset Pemasaran

Dengan dilakukannya riset pemasaran memiliki tujuan. Tujuannya sendiri yaitu agar dapat diketahui dan dilakukan analisa akan berbagai hal yang dibutuhkan pasar atau masyarakat serta agar dapat diketahui pesaing bisnis yang muncul. Melalui marketing research, akan dapat diketahui aneka jenis produk maupun jasa yang ditawarkan, di mana produk maupun jasa tersebut dibutuhkan serta kualitas seperti apa yang dibutuhkan konsumen dari produk serta jasa tersebut.
Manfaat riset pemasaran lainnya adalah agar perusahaan tahu seberapa besar permintaan serta potensi dari permintaan atas produk atau jasa tertentu, kapan permintaan memuncak serta kapan permintaan mulai turun. Dilakukannya marketing research akan dapat menjamin perusahaan tidak kesulitan dalam merencanakan strategi bisnisnya agar bisa didapat keuntungan optimal.

·      Contoh Riset Pemasaran

Adapun contoh riset pemasaran sangat banyak ditemukan dan hampir pasti akan dilakukan oleh tiap pelaku usaha. Contoh sederhana adalah apabila kita hendak berjualan pulsa, maka kita lakukan survey terlebih dahulu berapa harga pulsa di pasaran. Tujuannya agar kita bisa menetapkan harga sesuai standar pasar, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Contoh riset pemasaran produk minuman juga tidak jauh berbeda. Misalnya kita hendak menjual es, maka kita lakukan survey es apa yang diminati masyarakat, lokasi berjualan yang strategis serta harga yang bisa terjangkau oleh sasaran konsumen. 

1.       Teknik Analisis Riset Pasar Internasional
Langkah pertama yang perusahaan ekspor pemula harus mengambil adalah untuk mengevaluasi potensi penjualan di setiap pasar asing. Satu harus diingat bahwa ada lebih dari 200 negara yang menyiratkan bahwa kita mungkin harus mengevaluasi sejumlah besar informasi. Untuk alasan ini banyak eksekutif ketika menghadapi dilema ini cenderung memilih untuk pasar yang berbagi beberapa afiliasi budaya dengan mereka sendiri. Eksportir Inggris memilih lebih untuk, Irlandia Amerika Serikat dan Uni Eropa (UE), sedangkan Spanyol eksportir cenderung pendekatan Amerika Latin atau Uni Eropa.
Definisi pasar. Dalam pemasaran, pasar merujuk pada Kelompok konsumen atau organisasi yang tertarik pada produk, memiliki sumber daya untuk membeli produk, dan diizinkan oleh hukum dan peraturan lainnya untuk mendapatkan produk. Dimulai dengan total penduduk, berbagai istilah yang digunakan untuk menggambarkan pasar berdasarkan tingkat penyempitan:
- Total populasi.
- Potensi pasar: orang-orang dalam total populasi yang memiliki minat dalam memperoleh                    produk.
- Tersedia pasar: orang-orang di pasar potensial yang memiliki cukup uang untuk membeli                     produk.
- Pasar yang tersedia Berkualitas: mereka yang tersedia di pasar yang secara legal diizinkan                  untuk membeli produk.
- Target pasar: segmen dari pasar tersedia yang memenuhi syarat bahwa perusahaan telah                      memutuskan untuk melayani (pasar terlayani).
Ø  Analisis PEST 
       merupakan analisis eksternal makro-lingkungan yang mempengaruhi semua perusahaan. P.E.S.T. adalah singkatan dari faktor Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi dari eksternal makro-lingkungan. Faktor eksternal seperti biasanya berada di luar kendali perusahaan dan kadang-kadang menampilkan diri sebagai ancaman. Untuk alasan ini, beberapa orang mengatakan bahwa "hama" adalah istilah yang tepat untuk faktor ini. Namun, perubahan dalam lingkungan eksternal juga menciptakan peluang baru dan huruf kadang-kadang diatur kembali untuk membangun istilah yang lebih optimis analisis STEP. Banyak makro-faktor lingkungan yang spesifik negara dan analisis PEST perlu dilakukan untuk semua negara yang menarik. Berikut ini adalah contoh dari beberapa faktor yang mungkin dipertimbangkan dalam analisis PEST.
Ø  Pasar Profitabilitas
Sementara perusahaan yang berbeda di pasar akan memiliki berbagai tingkat profitabilitas, potensi keuntungan rata-rata untuk pasar dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengetahui bagaimana sulitnya untuk membuat uang di pasar. Michael Porter merancang kerangka kerja yang bermanfaat untuk mengevaluasi daya tarik industri atau pasar. Kerangka, yang dikenal sebagai Porter lima kekuatan, mengidentifikasi lima faktor yang mempengaruhi profitabilitas pasar:
- Pembeli daya
- Pemasok daya
- Hambatan untuk masuk
- Ancaman produk pengganti
- Persaingan antara perusahaan dalam industri itu Penetrated pasar: orang-orang di pasar  

 Segmentasi Pasar Global
Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk atau pemasar yang terpisah. 1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual memproduksi, mendistribusi- kan, dan mempromosikan secara massal sebuah produk kepada seluruh pembeli.Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi. 2. Pemasaran Segmen : Peursahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen. 3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen 4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.

 Menentukan  Posisi Produk di Pasar Global  :
Pemosisian adalah menempatkan produk anda dalam benak konsumen.
Dua strategi dalam pemosisian produk adalah :
- Menentukan Posisi Teknologi Tinggi (High Tech Positioning).
Produk Teknik, Produk untuk peminat khusus, Produk yang dapat ditunjukkan kegunaannya.
- Memposisikan Sentuhan Canggih (High Touch Positioning).
Produk yang Memecahkan masalah umum, Produk desa global, Produk yang menggunakan tema Universal



Referensi : 
https://students.warsidi.com/2017/06/sistem-informasi-global-dan-penerapannya-oleh-perusahaan
multinasional.html
https://jurnalmanajemen.com/riset-pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar